PERANCANGAN SISTEM PAKAR TES KEPRIBADIAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BAYES

  • Relita Buaton STMIK Kaputama
  • Sri Astuti STMIK Kaputama
Keywords: Sistem Pakar, Psikologi, Kepribadian MBTI

Abstract

Kepribadian sangat penting diketahui oleh setiap orang agar setiap individu mampu mengembangkan kelebihan yang dimilikinya. Seseorang yang kesulitan dalam mengembangkan dirinya kemungkinan karena tidak mengetahui kelemahan dan kekurangan yang dimilikinya, ilmu psikologi sebagian besar masih menggunakan cara-cara dan metode lama dalam proses memahami dan mempelajari sisi psikologis suatu objek, hal ini kurang efisien karena memakan waktu yang cukup lama dalam prosesnya, selain itu rasa jenuh rentan terjadi selama proses tersebut yang kemungkinan berdampak pada kesimpulan yang dihasilkan.
Keterbatasan ruang dan waktu ketika harus berkonsultasi dengan seorang ahli (pakar) dalam bidang psikologi menjadi sebuah masalah seseorang untuk mengetahui type kepribadian. Sistem pakar merupakan salah satu solusi untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pemakai dalam bidang psikologi dengan menggunakan metode bayes yang mampu membantu pengenalan seseorang terhadap kepribadiannya.
Proses tes menggunakan pengetahuan kepribadian MBTI (Mayers Brigh Type Indikator) . Dengan adanya aplikasi sistem pakar ini maka dapat membantu masyarakat atau orang awam yang ingin mengetahui tipe kepribadianya dan dapat membantu pekerjaan psikolog dalam mendiagnosa client walaupun psikolog tidak berada ditempat praktek

Published
2014-04-23